imigrasijakarta

Perpanjang Paspor Dengan Cara Yang Lebih Nyaman & Mudah

4:43 PM

Happy New Year 2018!!

Diawali Januari 2018, ternyata oh ternyata paspor aku akan habis di akhir Januari 2018. Yang nyebelinnya, tanggal habis aku dengan keluarga aku itu berbeda, jadi gak ada temennya, harus sendiri. Berfikir keras, karena beberapa pengalaman keluarga sebelumnya, menurutku ribet. Aku mulai baca-baca sana sini, cara yang lebih mudah untuk mendapatkan paspor dengan jalur lurus. Maksudnya adalah mengikuti segala prosedur yang ada, dan pingin juga memacu diri untuk mengikuti semuanya dan ingin tahu juga hasilnya gimana. PENASARAN! 

Setelah riset dilakukan...

Point Pertama

Sekarang, antrian nomer untuk membuat paspor dan penggantian dan segala hal terkait, menggunakan online booking. Jangan coba-coba kalian sotoy datang, dan berfikiran bahwa antri manual mungkin aja bisa dapat. BIG NO! Kalian akan ditolak dengan cara yang halus, dan bagaimanapun caranya kalian harus tetap antri secara online, karena kuota setiap harinya sudah penuh.

Point ke-2

Untuk case yang aku alami, pengambilan nomer secara online hanya dapat dilakukan di hari Jumat, itu aku baca-baca untuk yang daerah Jakarta Selatan, tapi maaf aku kurang tau untuk yang daerah lainnya, apakah sama atau tidak? Boleh tambah informasi, kalau memang kalian mengetahuinya. Jadi setiap hari Jumat diambil nomer, untuk hari kerja di minggu selanjutnya.

Kalian dapat langsung menuju web, untuk antrian paspor secara online di
https://antrian.imigrasi.go.id/Authentication.jsp
Yang lebih mudahnya lagi, ada aplikasi juga yang bisa didonlot dari play store

Setelah web terbuka, kalian harus memasukan data diri, dengan klik bagian pendaftaran, bila kalian belum pernah membuat akun sebelumnya :
*saya masih pakai cara pemesanan lewat web, karena untuk aplikasi di apple store belum tersedia
Setelah kalian login, kalian akan disajikan dengan pemilihan tempat yang beragam sesuai tempat yang kamu inginkan. Pada kesempatan ini, karena aku pasti tau kantor imigrasi kelas 1 Jakarta Selatan itu penuh, aku ingin mencoba di Mal Pelayanan Publik, untuk webnya sendiri yang aku lihat terintegrasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta. Tempat ini juga lumayan terjangkau dari kantor aku di daerah Thamrin :)

Klik di kotak warna biru 'buat permohonan' untuk tempat favorit yang akan kamu pilih.



Selanjutnya, kalian akan memilih tanggal yang available dari tempat tersebut, misalnya aku, pada waktu melakukan booking tanggal hanya tersedia di hari Senin dan Selasa, dan pada saat itu dapat di hari Senin. Aku buka web sekitar pukul 8 pagi, dan itu tinggal hari Senin dan Selasa. (wajar si kalau mereka sudah buka dari pukul 00.00 di hari jumat). Kalau kalian lebih niat lagi jangan tidur dulu di hari jumat dini hari eheheheh.



Setelah memilih tanggal, jam, dan jumlah pemohon, kalian akan di confirm dan masuk di daftar permohonan. Dalam web tersebut sih diberitahu akan masuk ke email anda, tapi sampai hari H nya pun, aku tidak dapat email yang dimaksud.

Jadi, aku alternatif sendiri untuk capture nomer booking, dan juga barcode yang nantinya ditunjukan ke petugas (tapi pada kenyataan di hari H, barcode tidak dipakai, petugas hanya menanyakan nomer bookingan dan nama kalian). Kode booking tertera di kotak warna biru.




Sekilas aku lampirkan sedikit, foto-foto, tempat ini :) Saking penasarannya, tempat ini, tadinya aku mau keliling, tapi apa daya, karena keterbatasan waktu, g bisa liat-liat tiap lantai deh huhuhu. Hasil jepretan seadanya.

Lobby Mal Pelayanan Publik

Point ke-3

Di Mal Pelayanan Publik, untuk perpanjangan paspor cukup melampirkan :

  1. Fotokopi e-ktp (pokoknya ktp, karena aku ktp jadul, sempat deg-deg ser g boleh, ternyata boleh kok) di fotokopi di satu lembar A4 ya, jangan dipotong! Jangan juga bebarengan dengan dokumen lain.
  2. Fotokopi paspor lama di kertas A4
  3. Lampirkan Paspor asli kamu yang lama
Oh, iya kalau kamu tetiba skip dan lupa atau ada masalah, petugas akan kasih tau kalau fotokopi ada di Plaza Festival dan itu jauh! Senyum manis dan reception di lantai 3 akan bantu kamu fotokopi eheheh. Mana kemarin aku hujan deres kan (pengecualian lagi)

Nah, saat kamu datang kesana, di lobby bawah, ada petugas informasi, kasih tau mereka, dan mereka akan ngambilin kamu nomer antrian lagi, seperti di sebelah kiri ini. 

Untuk pelayanan imigrasi ada di lantai 3, dan cuma ada 2 loket yang menangani, memang jangan dibandingkan dengan imigrasi Jakarta Selatan yang di Mampang, bisa ada 10 loket.

Saat berada disana, nomer menunjukan 76 jadi masih ada sekitar 10 orang lagi, saya datang pukul 13.15 dan selesai pukul 15.00, tidak bisa dibilang cepat juga si, tapi menurut aku, proses saat ini yang aku jalankan dibandingkan sebelum-belumnya tanpa bantuan orang lain, cukup mengesankan :)


Suasana di Lantai 3, Imigrasi
Point ke-4

Setelah dipanggil untuk kelengkapan berkas dan foto, kalian akan ditanya akan membuat paspor regular atau e-paspor. Kali ini karena semua keluarga aku udah e-paspor tentu aku memilih e-paspor juga. Setelah foto, bukti bayar akan keluar berupa prinan kertas A4, harap dibayarkan untuk pelunasan. Harganya Rp. 655.000,-.

Untuk lebih mudah lagi, kalian bisa langsung setor tunai di Bank DKI yang tersedia di lantai 2, atau kalau kalian punya ATM Bank DKI, ATM tersedia di lobby Mal Pelayanan Publik. PR yang aku alami adalah setelah mau bayar, bank sudah tutup karena sesampainya di Bank sudah jam 3 lebih, PR keduanya adalah aku juga tidak punya atm Bank DKI.

So, aku tanya bagian informasi, atm terdekat ada ATM BCA di gedung Westin dan disana juga ada Bank BCA. Bergegas kesana, ternyata sistem untuk pembayaran pasportnya sedang mengalami gangguan. Sudah hujan-hujan sendirian jalan kaki, ternyata gagal juga. NASIB! Jadi, keesokan harinya baru aku bayar lewat ATM BNI. Cara pembayarannya mudah kok, lihat deh di kiri tulisan ini.

Gimana menurut kalian? Proses yang aku jabarkan diatas, tidak cukup melelahkan kan? Tidak seribet yang difikirkan kok. Yang penting itu NIAT! ahahaha.

Point Terakhir

Setelah melakukan semua step by step, tiba saatnya untuk memastikan, paspor kita sudah jadi atau belum, dan dapat diambil kapan. Tidak perlu repot untuk telefon yang tidak pernah diangkat itu *oops. Tapi bener lo, aku beberapa kali telfon ke imigrasi Jaksel, sulit sekali dan tidak ada yang menjawab.

Untuk menjawab keresahan warga, kini hadir dalam layanan whats app, dengan nama 'WAGS' Whatsapp Gateaway Service, seperti flyer dibawah ini, jadi kita hanya perlu mencantumkan nomer permohonan, kita kirim ke nomer yang dicantumkan, akan mendapatkan balasan, sampai mana proses dari pembuatan paspor kita. Mudah bukan?


Waktu itu aku buat hari Selasa, dan Senin depannya sudah jadi. Kalian cukup hadir kembali ke tempat kalian buat. Karena aku buat di Mal Pelayanan Publik, aku kembali lagi kesana untuk ambil. Cuma yang perlu disayangkan adalah jam istirahat mereka sepertinya kurang akurat, aku sampai jam setengah 2, petugas imigrasi untuk paspornya belum ada di tempat semua, dan masih tercantum "ISTIRAHAT". Padahal yang saya lihat, sudah banyak sekali yang menunggu kedatangan mereka.

Pengambilan paspor tidak sampai 5 menit, setelah itu saya bisa kembali lagi ke kantor setelah mendapatkan paspor di tangan. YIPPPPIEEEE! Paling enggak menurut aku cara mandiri seperti ini masih layak diperhitungkan, dan tidak perlu bayar lebih untuk macam-macam. Nah, gimana menurut kalian? Apa kalian juga tertarik mencoba? Kalau ada informasi tambahan yang membantu, boleh banget loooo comment di bawah. 

"INDAHNYA BERBAGI' :)

for detail information :

web : jakartaselatan.imigrasi.go.id
Telp : 021-79170912, 0813-83735382

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE

Press