bpjscair

Cara Mudah Klaim BPJS TK

3:19 PM

Selamat menyambut hari yang indah. Setelah bertekad untuk terus menulis, selalu ada saja yang menghalangi. Terutama kemalasan luar biasa sih ehehe.

Nah, kali ini, aku mau berbagi dengan kalian, mengenai proses demi proses yang kulalui untuk dapat klaim BPJS TK. 

Seperti yang kalian ketahui, aku memutuskan untuk sementara waktu berhenti bekerja. Hal ini merupakan sebuah keputusan yang sulit dan mengandung ragam resiko. Tetapi aku memilih untuk tetap mengambil kesempatan ini, agar meminimalisir rasa penyesalan di kemudian hari. Peace!

Tampilan dalam web


Yaps, langsung saja! Untuk kalian yang ingin mencairkan uang yang ada didalam istilah rekening BPJS, berikut langkahnya :

  1. Pastikan bahwa kartu dengan nomer BPJS kalian sudah dalam keadaan non aktif. Klaim dapat dilakukan, bila kartu sudah berstatus non aktif. So, tunggulah dengan sabar sampai kantor kamu mengurus segala administrasinya
  2. Cara yang sangat mudah adalah download aplikasi BPJS TKU di perangkat ponsel kalian. Tetapi cara lain, kalian bisa buka via web BPJS TKU. Jujur, kalau aku sendiri memang sudah download dan sudah melihat aplikasinya saat aku masih bekerja. Bagi kalian yang baru, cukup mudah kok untuk daftar dan login nya
    Tampilan dalam perangkat ponsel
  3. Setelah kamu daftar dan login aplikasi ini, kalian dapat melihat saldo yang ada dalam BPJS kalian beserta keterangan nama PT tempat kalian bekerja. Untuk case saya, pada perusahaan tempat saya bekerja, baru saja membuat PT Baru, dan singkat cerita terdapat 2 saldo terpisah dari 2 perusahaan dalam satu company. (ada baiknya bawa surat dari kedua PT, bila saldo terpisah, bukan akumulatif)
  4. Bila surat paklaring/ keterangan kerja sudah ditangan, surat untuk BPJS TK juga sudah ada, jangan lupa untuk check stampel perusahaan ya! *karena dalam kasus saya, saya harus bolak balik kesana kemari karena tidak ada stampel zzzzzz
  5. Daftar antrian online di aplikasi, dan kalian bisa tentukan kantor BPJS mana yang terdekat dengan tempat tinggal kalian untuk melakukan klaim ini
  6. Bila sudah ditentukan tanggal akan hadir ke kantor BPJS, mohon agar mempersiapkan dokumen-dokumen seperti :

  7. *gambar diatas dikutip dari email yang di dapat dari BPJS Ketenagakerjaan saat kalian sudah terdaftar online


  8. Hari H kedatangan, bawa kelengkapan sesuai dengan email yang telah dikirimkan, bila tidak ada kekurangan dalam data-data, proses pencairan ke rekening selama 5 hari kerja, tidak terhitung dari saat kalian hadir di kantor BPJS. Dalam klaim saya, di hari ke 3 uang sudah cair di rekening yang telah ditentukan :)
Jadi, gampang banget kan? (Walau pertamanya juga saya tanya orang sana sini dan telfon BPJS saat ingin melakukan klaim ehehehe). Bagian penting adalah jangan lupa BPJS TK anda sudah tidak aktif, dan segala surat yang dibutuhkan dibawa lengkap. 

Ada Ateng bawa kayu. TENGKYU! Sampai jumpa di tulisan-tulisan remahan rengginang dari aku :)








You Might Also Like

0 comments