Ceriakeluargajunousa

Ada apa sih di Korea?

3:28 PM

Ada apa ya di Korea? Kok orang-orang sering membicarakan negara tersebut.

Bagi kalian yang tidak menyukai drama ataupun mengidolakan artis Korea, pasti akan sangat terganggu dan terheran-heran, ada apa di negeri yang penuh dengan manusia glowing tersebut? AHAHA. Nah, ini berlaku sama dengan suami aku. Dari dulu keinginan aku, yang seneng banget drama Korea ini, mengunjungi negara tersebut. Tidak di ridhoi hiyahahaha.

Nah, pada akhirnya kesempatan yang jarang ini muncul, temen-temen aku dan suami berinisiatif untuk liburan ke Korea. Oh iya singkat cerita, karena kami dari sekolah menengah yang sama, jadi temen-temen deket aku dan suami itu sebagian besar masih dekat sampai sekarang dari pertemanan zaman SMA :) Suami setuju dan kita berangkat!

Perjalanan ini kami lakukan setahun yang lalu (mohon maaf baru bisa review sekarang #harapmaklum). Karena ada berita gembira yang akan kami bagikan ke kalian, yaitu Vlog kami sudah tayang!! YEAY! Langsung ya search aja di youtube "Ceria Keluarga Junousa". Jangan lupa untuk Like, Comment, dan Subscribe dan jangan khawatir, link untuk blog inipun sudah ada di youtube, jadi bagi kalian yang ingin lihat detail, kemarin selama 6 hari 5 malam kita ngapain aja di Korea, disini lebih detail dan lengkap!

Langsung aja ya!

Design by Canva.com

Nah, diatas merupakan rangkuman perjalanan dan tujuan kami di Korea. Menurut aku pribadi, pertama kali ke Korea dengan tujuan diatas, udah lumayan banget, sudah bisa merasakan atmosfer Korea. Kita bahas hari per hari nya ya.

Day 1 (Jakarta - Korea)

Hari Minggu kita berangkat dengan jam yang sangat malam. Jam 11.30 kita boarding, dan memang kami mencari jam ini, agar tidur di pesawat dan keesokan harinya sampai pukul 08.30 pagi. (maklum ya bu, tiket murah AHAHAHAHA)

FYI! Kita dapat tiket ini dari Garuda Travel Fair, kami sekeluarga memang senang banget ke travel fair, bila kita sudah ada rencana ingin liburan, karena lumayan kita bisa dapat tiket yang masuk ke budget kantong kami, terus ada mba-mba atau mas-mas yang cariin lagi tanggal-tanggal dengan harga murah #pemalas.

DAY 2 (Namsan Tower)

Sesampainya di Incheon, Korea. Kami mengunjungi booth wifi untuk mengambil 2 wifi yang telah kami pesan sebelumnya di klook.com. Prosesnya mudah, tinggal menunjukan paspor dan CC kalian. Wifi sudah ada di tangan! Nah, pilihan kita menginap di Korea jatuh di daerah itaewon dengan menggunakan aplikasi airbnb. Kalian bisa mengintip penginapan kita di link ini ya. Airbn Korea - Itaewon (Host by Kain)

Kami pribadi seneng si dengan penginapan ini, rekomen banget buat kalian yang beramai-ramai pergi bareng temen atau keluarga. Kemarin kami 5 orang Dewasa dan 1 Bocah (umur 3 Tahun), cukup banget. Walau kamar mandinya cuma satu dan kita harus gantian, tetapi bagi kami no problemo. Terus ada dapur, meja makan, dan juga ruang keluarga. Nah, yang paling bikin happy lagi, mereka bisa laundry baju kita. Aku nyesel si bawa baju kebanyakan (zzz seperti biasa setiap travelling kalap bawa baju dari Jakarta). Setiap pagi kita taruh di keranjang laundry, dan voila malam hari kita pulang, baju sudah bersih dan kering. Cuma ya gak disetrika yaa. Itu namanya ngelunjak AHAHAHA.

Karena perjalanan yang cukup melelahkan, jadi kami memutuskan beristirahat, dan baru keluar sore hari. Oh iya perjalanan dari airport ke Itaewon, kami memilih menggunakan bis, dan beli di loket, ini karena lebih hemat, sekaligus sampai ke titik penginapan lebih dekat.

N Seoul Tower

Namsan Tower yeay! Akhirnya kita lihat tower tinggi ini, yang sebelumnya berada di film saja. Nah, Untuk masuk ke tower ini, kita harus bayar tiket dan kami pun sudah pesan melalui klook.com dari Jakarta. Tertulis di voucher : "N Seoul Tower, observatory Only". Jadi sampai sana tinggal scan dan masuk ajah. Udara disana yang dingin, angin melambai, membuat badan menjadi segar bugar. Kami kesana menikmati pemandangan matahari terbenam sampai malam hari, sangat-sangat indah. Oh iya, cocok nih, bagi kalian yang bersama pasangan dan mendamba-dambakan menulis gembok dan di pasang di tembok cinta. Disini ada ribuan gembok. Sayangnya, aku bener-bener lupa, mau bawa gembok dari Jakarta untuk di pasang, huhu sedih rasanya. Sebenarnya ada disana jual, tapi mahal bos, sayang, harus tetap dengan pendirian dan motto #ngirit AHAHAHA.

DAY 3 (Lotte World, Lotte World Aquarium & Gangnam Square)

Sebenarnya aku agak bingung sih antara ke Lotte World atau ke Everland. Tapi memang di itin, aku udah selipkan satu hari untuk ke theme park. Karena aku membawa anak aku, jadi aku ingin ada satu hari dia juga bisa enjoy. Pilihan jatuh ke Lotte World. Karena masih berada di tengah kota, dan mereka juga mempunyai aquarium yang besar banget. Pas banget di klook.com ada paketnya. Lotte World 1 Day Pass + Aquarium, dan pertimbangan lainnya karena anakku suka banget datang ke aquarium.

Theme park ini terbagi dua lahan, indoor dan outdoor. Tapi ya tetap, bagi aku sehari menelusuri semuanya itu gak bakal mungkin bisa sih, apalagi kita pun harus ke aquarium yang letaknya tidak terlalu jauh dari theme park, dan memakan waktu kurang lebih 20 menit berjalan kaki. Deket kok, cuma kami kebanyakan foto-foto ajah AHAHAHA. Aquariumnya sendiri ada di dalam mall Lotte.

Review dari aku, untuk sekedar bersenang-senang oke kok disana, tapi please jangan bandingkan dengan Universal atau Disney ya eheheh. Dan ditempat ini aku pada akhirnya berhasil naik satu wahana yang dari dulu aku inginkan yaitu "BUNGEE". Hampir di setiap negara pasti ada sih, tapi baru kali ini aku berhasil naik. Perasaan campur aduk yang sangat-sangat menyenangkan. Kalian harus coba! Di dalam indoor Lotte World juga ada satu daerah, kita bisa foto-foto dengan latar belakang yang unik-unik juga, cocok untuk foto ootd kalian di instagram. Untuk akuariumnya sih ku sukaaaaa banget, besar banget, dan melihat semua keindahan di dalam air itu menyenangkan. (walau gak nyemplung ya ehehe).

Gangnam Square

Disini pure mau foto ajah, sepenasaran itu sama nyanyian oppa gangnam style. Disini ada gangnam square dan kalian bisa foto dengan art bentuk manusia yang berjoget nyanyian gangnam style :) #ini bisa diskip sih kalau gak penting sih

DAY 4 (Nami Island & Petite Franch)

Sudah hari ke-4, dan niat mau berangkat pagi gagal AHAHAHA. Harap maklum ya sis! Menempuh perjalanan ke Nami itu gak sebentar, kita harus naik kereta, kemudian bis, kemudian kapal untuk menyeberang. Ya kira-kira kurang lebih dua jam. Oh iya, untuk transport selama di Korea, kalian-kalian kan sudah pada pintar ni di google ada banyak banget pilihan transportasi yang bisa kalian gunakan selama di Korea dan google maps ngebantu banget, jadi aku gak jabarkan detail ya. Kalau kami lebih mengandalkan bis sih, selain lebih murah, dan lebih dekat jalannya dengan beberapa spot yang kita tuju. Terus satu lagi, anak kami agak rewel kalau naik kereta, karena suaranya yang kenceng itu, ngebuat dia gak nyaman zzzzz. Oh iya, untuk transportasi disana mengandalkan sebuah kartu seperti di Jakarta ini, di Korea namanya T Money, dan untuk top up dan isinya, gampang kok. Kalian datang saja ke minimarket terdekat. Pasti ada!

Nah, tiket Nami island, tinggal kalian beli di loket dan tiket tersebut sudah termasuk menyebrang menggunakan kapal bolak-balik. Tapi kalian harus perhatikan jam demi jamnya yaa, jangan sampai kamu tidak naik kapal untuk menyebrang kembali, mungkin kalian akan menjadi warga penunggu Nami AHAHAHA. Setelah selesai berkeliling Nami, melihat Winter Sonata Statue dan pemandangan musim semi yang indah banget, kita menyebrang dan naik bis kembali, yang sebelumnya sudah kita beli seperti daily pass. Bis tersebut bisa membawa kalian bolak balik, ke pelabuhan, ke stasiun, ke Petite Franch dan ke The Garden Morning Calm. Tapi sayangnya waktu kami hanya cukup ke Nami dan Petite. Untuk tiket masuk Petite ada yang lebih murah yaitu melalui web visit korea.or. Aku dapet info dari temenku yang sukanya bolak balik kesana eheheh. ---- > Discount Coupon. Kalian cari aja ya disana.

DAY 5 (Hanbok Rent, Gyeongbokgung Palace, Hongdae)

Tiba saatnya untuk berlagak bak artis Korea pada zaman dahulu, menggunakan hanbok. Rental hanbok ini bener-bener banyak banget guys, jadi kalian gak usah pusing. Dari harga murah hingga mahal, dari yang deket istananya sampai yang jauh. Tapi point yang aku terka-terka selama penglihatan, semakin jauh tempat kalian sewa hanbok, semakin gak pasaran hanbok kalian ehehe. Karena diseberang Gyeongbokgung Palace pun ada! Jangan sedih!

Puas deh kalian disini foto-foto dengan latar belakang pemandangan yang sesungguhnya tidak kaleng-kalengan dari studio AHAHAHA. Istananya pun besar banget, kalian bakal puas untuk berfoto ria dan dapat dipastikan kalian gratis masuk ke Gyeongbokgung Palace.  Oh iya, ada paradenya juga lho, seingat aku sehari hanya dua kali. Selain itu, di sekitaran istana itu pun banyak spot foto yang gak kalah bagus di bukchon hanok village, dengan latar belakang gang dan perumahan khas Korea. Siap-siap ya kalian akan kalap foto.

DAY 6 (Dongdaemun Design Plaza, Dong Myo Flea Market & Myeongdong)

Tanpa terasa sudah hari ke-6 kami berada di Korea. Khusus untuk hari ini, salah satu rekan kami, sudah request dari Jakarta. "Sal, kemanapun jadwal yang lo buat di Korea, gue mau ke satu tempat ya!". Tempat itu adalah Dong Myo Flea Market. Disana banyak barang antik dan juga jadul yang dijual dengan harga yang relatif murah. Barang bermerekpun disana ada lho! Yang penting kalian pintar-pintar dalam memilih. Temanku tersebut dapat piringan hitam disana. Walau aku gak terlalu ngerti, tapi doi seneng banget.

Setelah itu, kami menuju Dongdaemun Design Plaza, hanya sekedar foto-foto. Tapi asli bagus sih, eksterior yang unik itu membuat foto kami menjadi enak untuk dilihat. Kalau dipikir-pikir, foto mulu ya kita AHAHAHA. Iya karena kami suka sekali mengabadikan moment yang berharga ini. Nah, setelah dari sana kita ke Myeongdong. Ngapain lagi coba? BELANJAAAAAA!!! Sepanjang jalan, merek kosmetik Korea dari A-Z ada disana, kalian pasti akan pusing 7 keliling lah ya. Belum lagi banyak oleh-oleh lucu yang sayang untuk dilewatkan.

Hari ini, menjadi hari terakhir kami untuk eksplore Korea. Hal itu dikarenakan, esok hari pagi-pagi sekali kita harus berangkat untuk mengejar bis yang menuju bandara. Jadi setelah dari Myeongdong, kami ke Itaewon dekat dengan tempat penginapan untuk belanja lagi dan melihat-lihat. Disanapun banyak juga lho tempat berbelanja dan tempat makan enak.

DAY 7 (Tayo Cafe, Korea - Jakarta)

Sampai juga di perpisahan. Hari terakhir itu berat banget lho pemirsa. Selain kita harus pintar packing, meninggalkan kenangan di dalam suatu negara itu gak gampang. #mulailebay. Mikir udah macem-macem, karena harus balik lagi ke rutinitas kita sebagai manusia pada umumnya AHAHAHA. Nah, Allah berkata lain. Pada hari terakhir kita, kita bisa berjumpa dengan "Tayo Cafe". Anak aku itu senang banget Tayo, dan aku berharap bisa mengunjungi Tayo Cafe di Korea. Tetapi setelah kami lihat kok, jaraknya jauh-jauh dari perjalanan kita. Jadi, gak bisa bawa anak aku kesana. Eh, ternyata di bandara Incheon ada guys! Untuk menunggu boarding, disana ada. Lumayan banget, anak-anak bisa main dengan senang sambil mama papa ngopi. Ada bis Tayo gede banget lagi. Cuma tidak seperti Tayo Cafe besar lainnya yang terdiri dari semacam tempat bermain anak/ playgrounds. Tempat yang kami kunjungi tidak terlalu besar dan hanya sedikit permainan untuk anaknya. Tetapi itu pun sudah mengobati rasa sedih karena tidak dapat bertemu tayo.

Jadi, bagaimana? Apa kalian mulai tertarik nih untuk mengunjungi negara yang penuh dengan ragam macam perawatan dan kecantikan? Tidak ada salahnya untuk mencoba menjelajahi hal baru di luar ekspektasi, siapa tau kalian malah ingin kembali lagi. Apalagi bila bersama teman atau keluarga terkasih, dijamin SERU!