Mom's Life

16 Months Old!

4:36 PM

Enam belas bulan. Sebenernya si kadang suka ribet ya ngitungin umur anak dari bulan, sama aja waktu aku hamil dulu, suka pusing kalau ditanya udah berapa bulan, kadang orang awam suka pusing kalau kita jawab sudah 26 minggu atau 30 minggu. Orang akan lebih happy bila kita jawab udah 3 bulan ni umur kandungan atau udah 8 bulan ni umur kandungan. ahahaha (padahal itu pengalaman gue sendiri sih, suka ribet itungnya, ya lebih kearah malas lah :p). Nah sekarang Ragaku sudah menginjak umur 16 bulan, ya kalau diterjemahkan dalam bahasa yang mudah adalah umur anak saya satu tahun lebih 3 bulan. Dan ini sangat tidak terasa lo saudara-saudara.

Sejujurnya aku sangat senang melihat, berbagai hal yang terjadi dalam perkembangan anakku (ya setiap Ibu juga seperti itu yaa ehehe). Di umur 16 Bulan ini, Raga sudah bisa berjalan tanpa bantuan, walau masih sedikit oleng kesana kemari, tapi rasa percaya dirinya sudah muncul, ia mampu naik tangga dengan berpegangan (hanya satu tangga sih), atau ia mampu mengambil barang dan membawanya berlari kesana kemari. Suatu hari saya ingat, ia menarik tas berisi makanannya kesana kemari, moment yang sangat lucu. Kini giginya pun sudah hampir lengkap, hanya kurang gigi taring atas dan bawah, jadi kebayanglah kalau ia menggigit tanganku ataupun tidak sengaja kegigit saat sedang menyusui, yah kebayang lah rasanya ruar biasanya eheheh.

Mengenai kosakata yang ia dapat sebutkan adalah mama, papa, embak, eya.. (harusnya eyang, tapi ng nya belum bisa eheh) maem, mamam, mam (masih ketuker-tuker itu harusnya buat makan atau minum, karena mau minum pun bilangnya mam ehehe). Tapi yang paling jelas kalau dia udah minta susu sama aku, mama mama mama mama, jelas sekali menyebutkan kata-katanya. Selain itu Raga juga sekarang sudah mengerti dan memahami perkataan yang kita katakan seperti tapa yang tidak boleh, apa yang diperbolehkan. Atau dimana buang sampah yang benar, dia bisa buang sampah sendiri ke tempat sampah. Bangun sendiri dari tidurnya dan lansung duduk (kalau papanya belum bangun, dia suka bangunin jawil-jawil papanya).

Nah, kalau untuk hal makanan, Raga masih suka yang bertekstur lembut (lebih ke arah banyak makannya dan apapun juga mau), kalau aku sungguhin nasi, dia juga mau makan, tapi gak sebanyak makan bubur. Jadi sampai saat ini aku masih campur antara bubur, nasi lembek dan nasi biasa. Prinsip aku, pokoknya Raga makan dan perut kenyang, itu dulu tujuannya sampai saat ini. Sambil belajar, bagaimana makan menggunakan sendok, makan menggunakan tangannya. Kalau minum dari tempat minumnya sendiri, ia sudah bisa. Oh iya, raga suka sekali dengan kerupuk looo , lucu deh kalau liat dia makan kerupuk :p

Untuk kegiatan yang ia sukai, tidak dapat dipungkiri segala hal yang berhubungan dengan air, mandi, main air dan berenang. Jadi proses makan tercepat adalah disaat ia bermain air, yups walau terkadang yang nyuapin ikut basah kuyup, tapi ya itu adalah sebagian dari sebuah proses menyuapi (apa sih salsa ehehe). Nih penampakan anaknya sewaktu berenang di Ocean Park BSD :)



Intinya aku benar-benar terkesima terkadang melihat segala tingkah lakunya yang selalu membuat aku kangen dan ingin cepat sampai di rumah, walau terkadang suka riweh di rumah dengan teriakannya yang sangat kencang dan menggema, tapi masih saja aku bisa tersenyum melihatnya. Aku jadi gak sabar melihat perkembangan buah hatiku di tahun-tahun berikutnya. Terus jadi anak yang aktif dan pintar ya sayang. #mamasayangmasraga

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE

Press